1.a.
Infrastruktur yang seharusnya dibentuk sebelum memulai sebuah e-commerce :
Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dari dibuatnya e-commerce dan jalan apa saja yang ingin ditempuh dalam menjalankan e-commerce.
1. Online Presence, membuat situs web hanya agar masyarakat, calon mitra bisnis dan calonpelanggan mengetahui dengan baik profil perusahaan, apa solusi/produk yangdisediakan perusahaan, bagaimana mengontak perusahaan dan lain-lain
2. Katalog Online, informasi produk yang tersusun dengan baik dalam bentuk katalog, untukmempermudah pengguna Internet memahami informasi produk dengan baik danmendorong mereka untuk melakukan pembelian secara off-line di toko-tokoyang menyediakan barang tersebut
3. Menjual Iklan Online, dirancang untuk menghasilkan uang dari iklan online. Contohnya adalahSWa.co.id, Detikcom, Kompas Online, Yahoo! dan Google.
4. Menjual Produk via Internet, bertujuan menjual produk atau jasanya langsung dari Internet. Contohnya antara lain situs pembiayaan otomotif Oto.co.id, toko komputer Bhinneka,Glodogshop, TokoLG, serta HostingKilat.
5. Komisi Afiliate,membuat situs kecil yang dirancang agar menduduki peringkat atas hasilpencarian untuk produk tertentu di Yahoo! dan Google. Pengguna Internet yang meng-klik link di situs tersebut akan di”lari”kan ke situs e-commerce lain. Jikapengguna Internet tersebut akhirnya membeli produk di situs e-commerce yangdirujuk tersebut, maka pemilik situs tadi akan mendapat komisi dari penjualan.
6. Media Pelayanan PelangganFAQ (frequent asked question), informasi teknis, buku manual dan lain-lain.Contoh Federal Express (tracking) & Lautan Luas (online order).
7. Efisieni Perusahaan, Internet banking Bank BCA, Bank Niaga, Bank Mandiri, dll.
Lalu yang kedua setelah membuat tujuan dan mengrti maksud dari pembuatan e-commerce maka langkah kedua adalah :
A.1 Desain Ulang Proses Bisnis
Semua transaksi bisnis memerlukan pemrosesan dan komunikasai informasi. Secara umum, dampak bisnis dari electronic commerce adalah dua. Pertama, EC menghasilkan penghematan biaya operasi internal dan dalam akses ke konsumen dan suplier. Kedua, infratsruktur komersial ini mengubah peluang menjadi kenyataan ketika konsumen dan bisnis mengadopsi model transaksi yang baru yang meningkatkan posisi strategis perusahaan dalam pasar. Pemahaman akan bagaimana EC mengubah transaksi bisnis menjadi kunci untuk memelihara posisi strategis perusahaan.
A.2 Managemen Supply Chain
Dalam banyak industri ada kecenderungan untuk konsumen memaksakan pilihan khas mereka. Produk dan jasa harus memenuhi kebutuhan spesifik tiap konsumen, tanpa harus kehilangan economic of scale. Bagaimana caranya agar lebih proaktif? Komunikasi yang lebih cepat perlu terjalin di antara para anggota dalam mata rantai penyediaan khususnya mengenai informasi tentang permintaan spesifik para konsumen. Secara teknis, itu berarti volume dan kandungan informasi yang dipertukarkan juga meningkat. Sebagai akibatnya keandalan dan ketepatan dari informasi yang dipertukarkantersebut menjadi faktor sukses kritis dalam matarantai suplai yang fleksibel dan responsif.
A.3 Masalah legacy
Sering sekali perusahaan menemukan kemampuan mereka berkompetisi dibatasi oleh proses bisnis dan sistem basis data yang sudah kuno, yang dirancang beberapa tahun yang lalu untuk keperluan pasar pada waktu itu. Legacy database seperti itu tidak lagi kompatibel dengan teknologi yang ada pada saat ini. Perusahaan dipaksa untuk mulai dari tingkat yang lebih mendasar, dengan mengarahkan usaha mereka pada rekayasa ulang dari model dan sistem bisnis mereka. Rekayasa ulang pada hakekatnya dapat didefinisikan sebagai sebuah proses untuk mengetahui bagaimana sistem legacy database bekerja dan bagaimana sistem berinteraksi dengan proses bisnis. Apapun pendekatan yang digunakan dalam proses rekayasa ulang tersebut, tiap tahap dan unsur harus dikaji dalam konteks teknologi yang mendukung EC. Antarmuka antara perusahaan dengan klien juga harus dikaji secara kritis. Dalam sebuah aplikasi penjualan, klien di sini biasanya adalah orang. Apakah representasi sebuah tempat belanja secara tiga dimensi (3D) akan meningkatkan penerimaan para pengguna? Jika antarmuka dengan pengguna didukung oleh agen yang berupa perangkat lunak, manakah yang akan membantu konsumen menemukan tempat yang diinginkannya untuk berbelanja dan mendapatkan produk yang diinginkan? Pertanyaan lain yang muncul: Hubungan dan perilaku agen yang bagaimanakah yang kiranya disebut sesuai? Bagimana seharusnya profil pengguna diimplementasikan dalam EC untuk meningkatkan tingkat penerimaan dan kepuasaan pengguna?
A.4 Desain Ulang Proses Hukum
Transaksi bisnis yang berdasar pada pemrosesan informasi dan komunikasi memberi pengaruh pada sistem hukum tradisonal yang berdasar pada kertas. EC menimbulkan efek penghilangan material pada beberapa proses. Dokumen yang ditulis tangan telah digantikan dengan dokumen yang diproduksi secara elektronis, dan perangkat lunak tidak lagi disajikan dalam bentuk disket melainkan dapat didownload melalui jaringan. Berdasar kenyataan bahwa hukum sering berdasar pada obyek fisik, maka hal ini akan menimbulkan masalah yang serius terhadap bisnis karena ketidakpastian hukum dari proses tersebut. Status hukum dari transaksi yang dibentuk secara otomatis, belumlah jelas. Apakah mungkin untuk sebuah perjanjian atau yang lebih umum, prosedur hukum dibuat oleh sebuah komputer ? Apakah kita membutuhkan revisi konsep hukum ? EC juga memberikan cara-cara baru untuk mengumpulkan informasi konsumen dengan lebih efisien. Perkembangan ini memberikan dampak yang kuat terhadap apek transparansi, yang tentu saja memberikan konsekuensi yang penting bagi konsep kerahasiaan (privacy). Permasalahan yang dijelaskan diatas hanyalah sebagian dari ketidakpastian hukum yang muncul berkaitan dengan diperkenalkannya EC. Semua itu sangat potensial dalam menghalangi diterimanya EC. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tantangan dari EC adalah supaya perusahaan dan konsumen menerima EC. Untuk merealisasikannya, pemerintah sering dipandang sebagai yang bertanggungjawab untuk menghilangkan hambatan hukum untuk penerimaan EC. Meskipun IT menawarkan banyak kemungkinan tetapi tidak mungkin mencakup segala aspek. Masyarakat informasi akan semakin ditandai oleh perbedaan yang sangat besar dalam sektor-sektor, proses, dan aktivitas. Hal ini berarti bahwa norma dan nilai yang berbeda akan diterapkan untuk kasus yang berbeda dan untuk waktu yang berbeda pula. Tetapi implementasi teknologi medis digital tidak dapat dibandingkan dengan penggunaan perangkat lunak agen cerdas untuk kebijakan pemasaran langsung (direct-marketing). Meskipun pada aras teknologi perbedaannya tidak ternyata nyata, namun dalam pandangan hukum bisa sangat berbeda. Oleh sebab itu pelembagaan EC harus dikerjakan dengan cara-cara yang lebih spesifik daripada sekedar dengan hukum dan regulasi.
b.
belum mencukupi, karena banyak sisi dari e-commerce di indonesia yang dapat dibidik oleh para kriminal dunia maya. karena banyak celah dari hukum dari e-commerce yang belum jelas dari sisi hukum dan belum kuat di mata hukum.Banyak juga kesalahan-kesalahan mendasar bagi pengguna e-commerce, yaitu :
- field of dreams syndrom, yaitu terlalu perrcaya diri dalam melakukan bisnis
- inadequate architecture, yaitu tidak lengkapnya fasilitas dalam menjalankan teknologi informasi
- putting lipstick in the bulldog, yaitu terlalu memperhatikan front office daripada back office
.
2.
a. Teknologi Informasi sangat membantu sekali untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia, hal ini bisa dilihat dalam tingkat eksport yang terus meningkat untuk para pengusaha di indonesia. Dengan teknologi informasi yang kian canggih maka tidak ada cerita suatu perusahaan akan kehilangan sebah oportunnity, jadi dengan teknologi yang digunakan dengan baik dan benar maka pastinya akan membuat perusahaan menjalankan perusahaan dengan cepat, efektif dan efisien.
b. Domain Name
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Satu nama yang ditujukan untuk domain. Sebuah nama yang bertindak sebagai {kunci} yang dipergunakan oleh client-client NIS untuk dapat mencari server NIS yang sesuai dengan nama domain name nya.
Infrastruktur yang seharusnya dibentuk sebelum memulai sebuah e-commerce :
Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dari dibuatnya e-commerce dan jalan apa saja yang ingin ditempuh dalam menjalankan e-commerce.
1. Online Presence, membuat situs web hanya agar masyarakat, calon mitra bisnis dan calonpelanggan mengetahui dengan baik profil perusahaan, apa solusi/produk yangdisediakan perusahaan, bagaimana mengontak perusahaan dan lain-lain
2. Katalog Online, informasi produk yang tersusun dengan baik dalam bentuk katalog, untukmempermudah pengguna Internet memahami informasi produk dengan baik danmendorong mereka untuk melakukan pembelian secara off-line di toko-tokoyang menyediakan barang tersebut
3. Menjual Iklan Online, dirancang untuk menghasilkan uang dari iklan online. Contohnya adalahSWa.co.id, Detikcom, Kompas Online, Yahoo! dan Google.
4. Menjual Produk via Internet, bertujuan menjual produk atau jasanya langsung dari Internet. Contohnya antara lain situs pembiayaan otomotif Oto.co.id, toko komputer Bhinneka,Glodogshop, TokoLG, serta HostingKilat.
5. Komisi Afiliate,membuat situs kecil yang dirancang agar menduduki peringkat atas hasilpencarian untuk produk tertentu di Yahoo! dan Google. Pengguna Internet yang meng-klik link di situs tersebut akan di”lari”kan ke situs e-commerce lain. Jikapengguna Internet tersebut akhirnya membeli produk di situs e-commerce yangdirujuk tersebut, maka pemilik situs tadi akan mendapat komisi dari penjualan.
6. Media Pelayanan PelangganFAQ (frequent asked question), informasi teknis, buku manual dan lain-lain.Contoh Federal Express (tracking) & Lautan Luas (online order).
7. Efisieni Perusahaan, Internet banking Bank BCA, Bank Niaga, Bank Mandiri, dll.
Lalu yang kedua setelah membuat tujuan dan mengrti maksud dari pembuatan e-commerce maka langkah kedua adalah :
A.1 Desain Ulang Proses Bisnis
Semua transaksi bisnis memerlukan pemrosesan dan komunikasai informasi. Secara umum, dampak bisnis dari electronic commerce adalah dua. Pertama, EC menghasilkan penghematan biaya operasi internal dan dalam akses ke konsumen dan suplier. Kedua, infratsruktur komersial ini mengubah peluang menjadi kenyataan ketika konsumen dan bisnis mengadopsi model transaksi yang baru yang meningkatkan posisi strategis perusahaan dalam pasar. Pemahaman akan bagaimana EC mengubah transaksi bisnis menjadi kunci untuk memelihara posisi strategis perusahaan.
A.2 Managemen Supply Chain
Dalam banyak industri ada kecenderungan untuk konsumen memaksakan pilihan khas mereka. Produk dan jasa harus memenuhi kebutuhan spesifik tiap konsumen, tanpa harus kehilangan economic of scale. Bagaimana caranya agar lebih proaktif? Komunikasi yang lebih cepat perlu terjalin di antara para anggota dalam mata rantai penyediaan khususnya mengenai informasi tentang permintaan spesifik para konsumen. Secara teknis, itu berarti volume dan kandungan informasi yang dipertukarkan juga meningkat. Sebagai akibatnya keandalan dan ketepatan dari informasi yang dipertukarkantersebut menjadi faktor sukses kritis dalam matarantai suplai yang fleksibel dan responsif.
A.3 Masalah legacy
Sering sekali perusahaan menemukan kemampuan mereka berkompetisi dibatasi oleh proses bisnis dan sistem basis data yang sudah kuno, yang dirancang beberapa tahun yang lalu untuk keperluan pasar pada waktu itu. Legacy database seperti itu tidak lagi kompatibel dengan teknologi yang ada pada saat ini. Perusahaan dipaksa untuk mulai dari tingkat yang lebih mendasar, dengan mengarahkan usaha mereka pada rekayasa ulang dari model dan sistem bisnis mereka. Rekayasa ulang pada hakekatnya dapat didefinisikan sebagai sebuah proses untuk mengetahui bagaimana sistem legacy database bekerja dan bagaimana sistem berinteraksi dengan proses bisnis. Apapun pendekatan yang digunakan dalam proses rekayasa ulang tersebut, tiap tahap dan unsur harus dikaji dalam konteks teknologi yang mendukung EC. Antarmuka antara perusahaan dengan klien juga harus dikaji secara kritis. Dalam sebuah aplikasi penjualan, klien di sini biasanya adalah orang. Apakah representasi sebuah tempat belanja secara tiga dimensi (3D) akan meningkatkan penerimaan para pengguna? Jika antarmuka dengan pengguna didukung oleh agen yang berupa perangkat lunak, manakah yang akan membantu konsumen menemukan tempat yang diinginkannya untuk berbelanja dan mendapatkan produk yang diinginkan? Pertanyaan lain yang muncul: Hubungan dan perilaku agen yang bagaimanakah yang kiranya disebut sesuai? Bagimana seharusnya profil pengguna diimplementasikan dalam EC untuk meningkatkan tingkat penerimaan dan kepuasaan pengguna?
A.4 Desain Ulang Proses Hukum
Transaksi bisnis yang berdasar pada pemrosesan informasi dan komunikasi memberi pengaruh pada sistem hukum tradisonal yang berdasar pada kertas. EC menimbulkan efek penghilangan material pada beberapa proses. Dokumen yang ditulis tangan telah digantikan dengan dokumen yang diproduksi secara elektronis, dan perangkat lunak tidak lagi disajikan dalam bentuk disket melainkan dapat didownload melalui jaringan. Berdasar kenyataan bahwa hukum sering berdasar pada obyek fisik, maka hal ini akan menimbulkan masalah yang serius terhadap bisnis karena ketidakpastian hukum dari proses tersebut. Status hukum dari transaksi yang dibentuk secara otomatis, belumlah jelas. Apakah mungkin untuk sebuah perjanjian atau yang lebih umum, prosedur hukum dibuat oleh sebuah komputer ? Apakah kita membutuhkan revisi konsep hukum ? EC juga memberikan cara-cara baru untuk mengumpulkan informasi konsumen dengan lebih efisien. Perkembangan ini memberikan dampak yang kuat terhadap apek transparansi, yang tentu saja memberikan konsekuensi yang penting bagi konsep kerahasiaan (privacy). Permasalahan yang dijelaskan diatas hanyalah sebagian dari ketidakpastian hukum yang muncul berkaitan dengan diperkenalkannya EC. Semua itu sangat potensial dalam menghalangi diterimanya EC. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tantangan dari EC adalah supaya perusahaan dan konsumen menerima EC. Untuk merealisasikannya, pemerintah sering dipandang sebagai yang bertanggungjawab untuk menghilangkan hambatan hukum untuk penerimaan EC. Meskipun IT menawarkan banyak kemungkinan tetapi tidak mungkin mencakup segala aspek. Masyarakat informasi akan semakin ditandai oleh perbedaan yang sangat besar dalam sektor-sektor, proses, dan aktivitas. Hal ini berarti bahwa norma dan nilai yang berbeda akan diterapkan untuk kasus yang berbeda dan untuk waktu yang berbeda pula. Tetapi implementasi teknologi medis digital tidak dapat dibandingkan dengan penggunaan perangkat lunak agen cerdas untuk kebijakan pemasaran langsung (direct-marketing). Meskipun pada aras teknologi perbedaannya tidak ternyata nyata, namun dalam pandangan hukum bisa sangat berbeda. Oleh sebab itu pelembagaan EC harus dikerjakan dengan cara-cara yang lebih spesifik daripada sekedar dengan hukum dan regulasi.
b.
belum mencukupi, karena banyak sisi dari e-commerce di indonesia yang dapat dibidik oleh para kriminal dunia maya. karena banyak celah dari hukum dari e-commerce yang belum jelas dari sisi hukum dan belum kuat di mata hukum.Banyak juga kesalahan-kesalahan mendasar bagi pengguna e-commerce, yaitu :
- field of dreams syndrom, yaitu terlalu perrcaya diri dalam melakukan bisnis
- inadequate architecture, yaitu tidak lengkapnya fasilitas dalam menjalankan teknologi informasi
- putting lipstick in the bulldog, yaitu terlalu memperhatikan front office daripada back office
2.
a. Teknologi Informasi sangat membantu sekali untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia, hal ini bisa dilihat dalam tingkat eksport yang terus meningkat untuk para pengusaha di indonesia. Dengan teknologi informasi yang kian canggih maka tidak ada cerita suatu perusahaan akan kehilangan sebah oportunnity, jadi dengan teknologi yang digunakan dengan baik dan benar maka pastinya akan membuat perusahaan menjalankan perusahaan dengan cepat, efektif dan efisien.
b. Domain Name
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Satu nama yang ditujukan untuk domain. Sebuah nama yang bertindak sebagai {kunci} yang dipergunakan oleh client-client NIS untuk dapat mencari server NIS yang sesuai dengan nama domain name nya.
http://www.indowebsite.net/penjelasan_domain.php
Kabar baik... Anda bisa mendaftar nama domain gratis! Lihat detail di: http://shmyl.com/hrspson Nama Domain tersebut bisa Anda gunakan untuk nama domain dari blog blogger, friendster, multiply atau website Anda lainnya. 1 account Anda bisa...
HOSTING
Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet salah satunya adalah IndoGlobalWeb yang menawarkan jasa WebHosting Terbaik. Dengan Kecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnis perorangan atau perusahaan.
Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan.
Nama domain bisa ber-ekstensi internasional seperti com, net, org, info, biz, name, ws. Sedangkan ada juga yg ber-ekstensi nasional sesuai dengan negara semisal untuk negara Indonesia menggunakan ekstensi “id”, misalnya co.id (domain perusahaan), ac.id (domain pendidikan/akademik), go.id (domain pemerintahan), or.id ( domain organisasi). Domain ekstensi internasioal biasa disebut juga gTLD (global Top Level Domain) sedangkan nasional disebut juga ccTLD (country code Top Level Domain) yang juga menyertakan kode negara. “id” dalam hal ini berarti Indonesia.
Umumnya sebuah website terdiri dari banyak halaman web. Halaman web itu sendiri disusun dari rangkaian teks, gambar, gambar bergerak, atau mungkin suara, dan efek - efek visual lain. Seluruh halaman web dan rangkaian file pendukungnya harus diletakkan pada sebuah web server sehingga pengguna internet di seluruh dunia dapat mengaksesnya.Jadi jika Anda punya rencana untuk membuat sebuah website, Anda membutuhkan sebuah web server. Ketika halaman website Anda tersebut sudah tempatkan pada websever tersebut, maka semua pengguna internet di seluruh dunia dapat mengakses website Anda.
Perusahaan yang menyewakan web server dimana Anda dapat meletakkan halaman - halaman website Anda agar dapat diakses melalui internet disebut sebagai web hosting provider.Sebuah perusahaan web hosting yang memiliki reputasi dan layak dipercaya biasanya telah melayani ribuan pelanggan dalam waktu yang cukup lama. Seperti misalkan Indorackhosting yang merupakan anak perusahaan Server - server tersebut terkoneksi dengan internet dalam kecepatan yang sangat tinggi mencapai satuan gigabyte per detik.Selain untuk meletakkan file - file web, web hosting biasanya juga memiliki banyak fasilitas lain seperti misalnya :Mail Server. Fasilitas ini memungkinkan Anda membuat mail account atas nama domain sendiriDatabase Server. Fasilitas ini memungkinkan Anda menyimpan databasedan lain - lain. Silahkan coba cek fasilitas hosting di paket - paket hosting yang tersedia
Contoh Pertama : di Indonesia hanya dengan kurang lebih Sepuluh Ribu Rupiah dalam waktu satu jam penuh, dengan tidak meninggalkan rumah dan hanya bermodalkan koneksi telepon rumah dari TELKOM, anda dapat menjelajah DUNIA dan memperoleh berbagai informasi, contohnya IndoGlobalWeb menawarkan paket WebHosting hanya dengan harga Rp. 7.500,- anda sudah mendapatkan webHosting yang power full.
Contoh kedua: Seorang mahasiswa kedokteran, dengan dana yang terbatas, untuk mengantisipasi membeli buku kuliah kedokteran yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dapat dengan mudah memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui situs web, dan ini menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan untuk menyediakan layanan web site guna memajukan pendidikan. Bahkan seorang dosen sebaiknya memiliki web site, jika anda membutuhkan jasa kami, maka IndoGlobalweb akan membantu apa yang anda butuhkan.
Business to Business (B2B)
Disingkat B2B, merupakan jenis electronic commerce yang berisi transaksi antar dua perusahaan (entiti bisnis). Selain B2B, ada juga istilah B2C (Business To Consumer), dan C2C (Consumer To Consumer). B2B memiliki nilai transaksi yang lebih besar dari B2C ataupun C2C. Ini dikarenakan transaksi antar perusahaan biasanya dilakukan berulang-ulang dan dalam ukuran yang besar.Business to business dalam e-commerce umumnya menggunakan mekanisme EDI (electronic data interchange). Tetapi karena begitu banyaknya standarisasi yang ada, dalam pelaksanaannya menyulitkan antara pebisnis untuk saling berinteraksi sehingga berkembanglah dewasa ini yang dinamakan Extensible Markup Language (XML) Dalam XML ini tersimpan struktur dan jenis elemen data di dalam dokumennya yang berbentuk tags seperti HTML sehingga sangat efektif digunakan dalam system yang berbeda. Business to Business eCommerce memiliki karakteristik:• Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut.• Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala,Secara umum adapun aktifitas dari B2B ini seperti trading partners dan pertukaran data (data exchange) yang dilakukan secara rutin antara pebisnis.
Contoh : Perusahaan Cocacola Co. dan Pepsi melakukan transaksi untuk pembelian bahan baku pembuatan produknya, dengan itu mereka menggunakan B2B,selain mengecilkan biaya hal ini juga membuat perusahaan tersebut akan semakin cepat berkembang dengan lancarnya komunikasi dan cepat beredarnya informasi yang diperlukan perusahaan sehingga cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan.
Business to Consumer (B2C)
memiliki karakteristik sebagai berikut:• Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.• Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.• Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.• Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client(consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server. bukan berarti apabila kepada costumer adalah costumer akhir, karena costomer tersebut bisa saja membeli dan menjual, karena tidak banyak perusahaan B2C mendompleng situs besar untuk tidak menstock produk tersebut.
Contoh : Amazon.com adalah salah satu contoh terbaik dari penggunaan sistem B2C, produk yang ditawarkan beraneka ragam, sangat dipercaya oleh para pelanggannya dan para pengguna internet.
3.
a. E-GOVERNMENT
Sangat penting.
karena dengan menggunakan e-goverment akan memudahkan pemerintah dalam menjalankan pemerintahan yang sampai saat ini sangat mengalami kesulitan. dengan e-government bisa digunakan sebagai forum pemerintahan dimana pemerintah pusat bisa lebih mengetahui keadaan sebenarnya di tempat-tempat terpencil.Sangat penting dilakukan karena dapat membantu pemerintah indonesia dalam melakukan perencanaan, pengembangan, pembangunan dan perilakunya.Pembangunan suatu daerah tidak akan berhasil baik tanpa dukungan serta partisipasi aktif masyarakatnya, terlebih di era otonomi daerah sekarang ini diperlukan strategi yang tepat untuk menjawab tantangan globalisasi dan persaingan bebas. E-Government sebagai suatu konsep yang dapat menjembatani hubungan antara pemerintahan dengan masyarakatnya, dengan pelaku bisnis, industri atau sesama pemerintahan.Adapun definisi dari e-Government itu sendiri dapat beragam dikarenakan skenario implementasinya dapat berbeda pada setiap negara. Namun demikian e-Government sebagai suatu konsep memiliki prinsip-prinsip dasar yang universal. Inti dari pengertian e-Government dapat diartikan sebagai suatu penggunaan teknologi informasi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi hubungan antara warga masyarakat dan pemerintahannya. Pemerintah perlu mengembangkan e government karena e-government mempunyai manfaat - manfaat seperti :
Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis dan industri)· Meningkatkan transparansi, kontrol dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan
Mengurangi secara signinifikan total biaya administrasi, relasi dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah dalam aktivitas sehari-harinya·
Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan·
Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada·
Memberdayakan masyarakat melalui teknologi informasi dan komunikasi.
contoh lembaga pemerintah yang mengembangkan adalah lembaga pemerintahan yang menyediakan informasi peta daerah, data-data kepemerintahan, sumberdaya alam yang dimiliki atau schedule resmi akan tetapi lebih jauh e-Government dibangun untuk menyediakan layanan-layanan publik seperti pengurusan KTP, pengurusan IMB, pengurusan perizinan atau pembayaran PBB. penilaian saya aplikasi e-government sudah mulai dilakukan oleh pemerintah. di kota besar sudah diterapkan sistem seperti ini untuk membantu kelancaran proses. Tapi yang tidak kalah penting adalah dimana SDM di Indonesia belum seluruhnya bisa menggunakan komputer apalagi internet, untuk itu harus ada perbaikan disana-sini sebelum melangkah menuju hal tersebut
B.
E-LEARNING
E- Learning adalah proses pembelajaran melaui teknologi internet.jadi program ini dimana para siswa dapat mengikuti pelajaran meskipun dia sedang berada di daerah lain melalui sistem internet. di Indonesia perlu mengembangkan sistem ini karena sistem ini cukup kompeten dalam proses belajar mengajar.
Contoh :Sebagai usaha berbagi pengalaman dan pengetahuan, maka www.aids-ina.org (Komunitas AIDS Indonesia) membuat web untuk "pembelajaran bersama secara online". Seiring dengan berkembangnya permasalah HIV dan AIDS di Indonesia yang kelihatan tidak kunjung selesai kami terutama dan semua orang perlu membagi pengalaman dan pembelajaran sebagai bentuk tanggung jawab untuk bersama menanggulangi atau meminimalkan dampak terhadap para pengidap HIV yang ada di sekitar. Saran dan kritik sangat di nanti, silakan email ke institut@aids-ina.orgPengelolawww.aids-ina.org dan institut.aids-ina.org .
Kurang sekali dibandingkan dengan di Amerika Serikat, karena AS telah mengembangkan e-learningnya dengan berbisnis. Namun perlu diingat hal ini wajar terjadi karena dilihat dari Amerika telah lebih dulu dalam melakukan e-learning dan SDM di sana lebih memungkinkan untuk melakukannya lebih cepat.
Kabar baik... Anda bisa mendaftar nama domain gratis! Lihat detail di: http://shmyl.com/hrspson Nama Domain tersebut bisa Anda gunakan untuk nama domain dari blog blogger, friendster, multiply atau website Anda lainnya. 1 account Anda bisa...
HOSTING
Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet salah satunya adalah IndoGlobalWeb yang menawarkan jasa WebHosting Terbaik. Dengan Kecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnis perorangan atau perusahaan.
Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan.
Nama domain bisa ber-ekstensi internasional seperti com, net, org, info, biz, name, ws. Sedangkan ada juga yg ber-ekstensi nasional sesuai dengan negara semisal untuk negara Indonesia menggunakan ekstensi “id”, misalnya co.id (domain perusahaan), ac.id (domain pendidikan/akademik), go.id (domain pemerintahan), or.id ( domain organisasi). Domain ekstensi internasioal biasa disebut juga gTLD (global Top Level Domain) sedangkan nasional disebut juga ccTLD (country code Top Level Domain) yang juga menyertakan kode negara. “id” dalam hal ini berarti Indonesia.
Umumnya sebuah website terdiri dari banyak halaman web. Halaman web itu sendiri disusun dari rangkaian teks, gambar, gambar bergerak, atau mungkin suara, dan efek - efek visual lain. Seluruh halaman web dan rangkaian file pendukungnya harus diletakkan pada sebuah web server sehingga pengguna internet di seluruh dunia dapat mengaksesnya.Jadi jika Anda punya rencana untuk membuat sebuah website, Anda membutuhkan sebuah web server. Ketika halaman website Anda tersebut sudah tempatkan pada websever tersebut, maka semua pengguna internet di seluruh dunia dapat mengakses website Anda.
Perusahaan yang menyewakan web server dimana Anda dapat meletakkan halaman - halaman website Anda agar dapat diakses melalui internet disebut sebagai web hosting provider.Sebuah perusahaan web hosting yang memiliki reputasi dan layak dipercaya biasanya telah melayani ribuan pelanggan dalam waktu yang cukup lama. Seperti misalkan Indorackhosting yang merupakan anak perusahaan Server - server tersebut terkoneksi dengan internet dalam kecepatan yang sangat tinggi mencapai satuan gigabyte per detik.Selain untuk meletakkan file - file web, web hosting biasanya juga memiliki banyak fasilitas lain seperti misalnya :Mail Server. Fasilitas ini memungkinkan Anda membuat mail account atas nama domain sendiriDatabase Server. Fasilitas ini memungkinkan Anda menyimpan databasedan lain - lain. Silahkan coba cek fasilitas hosting di paket - paket hosting yang tersedia
Contoh Pertama : di Indonesia hanya dengan kurang lebih Sepuluh Ribu Rupiah dalam waktu satu jam penuh, dengan tidak meninggalkan rumah dan hanya bermodalkan koneksi telepon rumah dari TELKOM, anda dapat menjelajah DUNIA dan memperoleh berbagai informasi, contohnya IndoGlobalWeb menawarkan paket WebHosting hanya dengan harga Rp. 7.500,- anda sudah mendapatkan webHosting yang power full.
Contoh kedua: Seorang mahasiswa kedokteran, dengan dana yang terbatas, untuk mengantisipasi membeli buku kuliah kedokteran yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dapat dengan mudah memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui situs web, dan ini menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan untuk menyediakan layanan web site guna memajukan pendidikan. Bahkan seorang dosen sebaiknya memiliki web site, jika anda membutuhkan jasa kami, maka IndoGlobalweb akan membantu apa yang anda butuhkan.
Business to Business (B2B)
Disingkat B2B, merupakan jenis electronic commerce yang berisi transaksi antar dua perusahaan (entiti bisnis). Selain B2B, ada juga istilah B2C (Business To Consumer), dan C2C (Consumer To Consumer). B2B memiliki nilai transaksi yang lebih besar dari B2C ataupun C2C. Ini dikarenakan transaksi antar perusahaan biasanya dilakukan berulang-ulang dan dalam ukuran yang besar.Business to business dalam e-commerce umumnya menggunakan mekanisme EDI (electronic data interchange). Tetapi karena begitu banyaknya standarisasi yang ada, dalam pelaksanaannya menyulitkan antara pebisnis untuk saling berinteraksi sehingga berkembanglah dewasa ini yang dinamakan Extensible Markup Language (XML) Dalam XML ini tersimpan struktur dan jenis elemen data di dalam dokumennya yang berbentuk tags seperti HTML sehingga sangat efektif digunakan dalam system yang berbeda. Business to Business eCommerce memiliki karakteristik:• Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut.• Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala,Secara umum adapun aktifitas dari B2B ini seperti trading partners dan pertukaran data (data exchange) yang dilakukan secara rutin antara pebisnis.
Contoh : Perusahaan Cocacola Co. dan Pepsi melakukan transaksi untuk pembelian bahan baku pembuatan produknya, dengan itu mereka menggunakan B2B,selain mengecilkan biaya hal ini juga membuat perusahaan tersebut akan semakin cepat berkembang dengan lancarnya komunikasi dan cepat beredarnya informasi yang diperlukan perusahaan sehingga cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan.
Business to Consumer (B2C)
memiliki karakteristik sebagai berikut:• Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.• Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.• Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.• Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client(consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server. bukan berarti apabila kepada costumer adalah costumer akhir, karena costomer tersebut bisa saja membeli dan menjual, karena tidak banyak perusahaan B2C mendompleng situs besar untuk tidak menstock produk tersebut.
Contoh : Amazon.com adalah salah satu contoh terbaik dari penggunaan sistem B2C, produk yang ditawarkan beraneka ragam, sangat dipercaya oleh para pelanggannya dan para pengguna internet.
3.
a. E-GOVERNMENT
Sangat penting.
karena dengan menggunakan e-goverment akan memudahkan pemerintah dalam menjalankan pemerintahan yang sampai saat ini sangat mengalami kesulitan. dengan e-government bisa digunakan sebagai forum pemerintahan dimana pemerintah pusat bisa lebih mengetahui keadaan sebenarnya di tempat-tempat terpencil.Sangat penting dilakukan karena dapat membantu pemerintah indonesia dalam melakukan perencanaan, pengembangan, pembangunan dan perilakunya.Pembangunan suatu daerah tidak akan berhasil baik tanpa dukungan serta partisipasi aktif masyarakatnya, terlebih di era otonomi daerah sekarang ini diperlukan strategi yang tepat untuk menjawab tantangan globalisasi dan persaingan bebas. E-Government sebagai suatu konsep yang dapat menjembatani hubungan antara pemerintahan dengan masyarakatnya, dengan pelaku bisnis, industri atau sesama pemerintahan.Adapun definisi dari e-Government itu sendiri dapat beragam dikarenakan skenario implementasinya dapat berbeda pada setiap negara. Namun demikian e-Government sebagai suatu konsep memiliki prinsip-prinsip dasar yang universal. Inti dari pengertian e-Government dapat diartikan sebagai suatu penggunaan teknologi informasi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi hubungan antara warga masyarakat dan pemerintahannya. Pemerintah perlu mengembangkan e government karena e-government mempunyai manfaat - manfaat seperti :
Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis dan industri)· Meningkatkan transparansi, kontrol dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan
Mengurangi secara signinifikan total biaya administrasi, relasi dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah dalam aktivitas sehari-harinya·
Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan·
Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada·
Memberdayakan masyarakat melalui teknologi informasi dan komunikasi.
contoh lembaga pemerintah yang mengembangkan adalah lembaga pemerintahan yang menyediakan informasi peta daerah, data-data kepemerintahan, sumberdaya alam yang dimiliki atau schedule resmi akan tetapi lebih jauh e-Government dibangun untuk menyediakan layanan-layanan publik seperti pengurusan KTP, pengurusan IMB, pengurusan perizinan atau pembayaran PBB. penilaian saya aplikasi e-government sudah mulai dilakukan oleh pemerintah. di kota besar sudah diterapkan sistem seperti ini untuk membantu kelancaran proses. Tapi yang tidak kalah penting adalah dimana SDM di Indonesia belum seluruhnya bisa menggunakan komputer apalagi internet, untuk itu harus ada perbaikan disana-sini sebelum melangkah menuju hal tersebut
B.
E-LEARNING
E- Learning adalah proses pembelajaran melaui teknologi internet.jadi program ini dimana para siswa dapat mengikuti pelajaran meskipun dia sedang berada di daerah lain melalui sistem internet. di Indonesia perlu mengembangkan sistem ini karena sistem ini cukup kompeten dalam proses belajar mengajar.
Contoh :Sebagai usaha berbagi pengalaman dan pengetahuan, maka www.aids-ina.org (Komunitas AIDS Indonesia) membuat web untuk "pembelajaran bersama secara online". Seiring dengan berkembangnya permasalah HIV dan AIDS di Indonesia yang kelihatan tidak kunjung selesai kami terutama dan semua orang perlu membagi pengalaman dan pembelajaran sebagai bentuk tanggung jawab untuk bersama menanggulangi atau meminimalkan dampak terhadap para pengidap HIV yang ada di sekitar. Saran dan kritik sangat di nanti, silakan email ke institut@aids-ina.orgPengelolawww.aids-ina.org dan institut.aids-ina.org .
Kurang sekali dibandingkan dengan di Amerika Serikat, karena AS telah mengembangkan e-learningnya dengan berbisnis. Namun perlu diingat hal ini wajar terjadi karena dilihat dari Amerika telah lebih dulu dalam melakukan e-learning dan SDM di sana lebih memungkinkan untuk melakukannya lebih cepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar